Minggu, 06 Juni 2010

password oh password....

dua hari ini saya dipusingkan dengan berbagai macam password...
blog, email lama, facebook, tweet, friendster, dan sebagianya.....
saya akui memang ingatan jangka panjang maupun jangka pendek saya buruk sekali...

seperti halnya ada seorang teman yang mengingatkan tentang seorang "Tan Malaka" yang memiliki kemampuan bagus untuk mengelola daya ingatnya. beliau membuat semacam koding individual yang bagus untuk memudahkan dia mengingat buku-buku yang pernah dibacanya.

dan sebetulnya,saya juga melakukan itu (jiahhhh....) dengan cara membuat password atau kata kunci dengan kata-kata yang saling berkaitan... namun yang tetap saja saya merasa seringkall lupa...

okelah, belajar dari pengalaman masalampau, akhirnya saya memutuskan untuk membuat batasan bagaimana membuat kata kunci yang mudah diingat jika saya memiliki banyak akun sedangkan kemampuan mengingat otak saya terbatas. yaitu :
1. membuaat hanya beberapa kata saja. misalnya nama ibu saya, nama adik saya atau nama depan tokoh idola... jangan sekaii-sekai membuat password dengan kalimat panjang yang tidak ada maknanya. misalnya : demi negeriku indonesia raya... atau perempuan paling cantik di Indonesia.
2. gunakan angka yang memiliki arti. misalnya tanggal kelahiran anak atau tanggal anda jadian. jangan sekali-sekali menggunakan tanggal lahir teman atau tanggal lahir mantan pacar..
apalagi ya??????
3. gunakan bahasa simbol yang mudah dikenal. jika anda terbiasa menggunakan bahasa indonesia, jangan sesekali menggunakan bahasa negara lainnya yang tidak pernah anda pakai.
4. catatlah email dan kata kunci anda, di tempat yang tidak mudah ditemukan oleh orang lain jika anda tidak ingin laman anda disalahgunakan
mungkin itu dulu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar